Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Yuk, biasakan membayar pajak bumi dan bangunan

15 February 2016, 08:20

Mortgage Interest Deduction

Infoproperti.com – Di Indonesia, banyak sekali jenis pajak yang harus dibayarkan oleh masyarakat, seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan juga pajak bumi dan bangunan. Nah, di artikel kali ini, infoproperti akan membahas mengenai pajak bumi dan bangunan. Lalu sebenarnya apa itu pajak bumi dan bangunan?

Pajak bumi dan bangunan yang lebih sering dengan PBB adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah atas tanah dan bangunan dimana dasar pengenaan pajak tersebut berdasarkan Nilai jual objek pajak (NJOP). NJOP adalah harga rata-rata jual beli yang diperoleh dari harga objek lain yang sejenis. Nah, biasanya NJOP ini ditentukan berdasarkan harga pasar per wilayah dan ditetapkan setiap tahun oleh menteri keuangan. Untuk pembayaran PBB sendiri bukan hanya melalui petugas pemungut dari pemerintah daerah, namun juga bisa melalui bank persepsi, bank yang tercantuk dalam SPPT PBB atau pun melalui ATM.

Lantas, kira-kira apa saja keuntungan membayar pajak?

Seperti yang anda tahu, pajak merupakan sumber penghasilan Negara. Dimana uang pajak tersebut digunakan untuk biaya belanja pegawai dan juga pembiayaan pembangunan. Nah, dengan rutin membayar pajak pembangunan sarana umum seperti jalan, jembatan, sekolah dan rumah sakit lebih mudah terealisasi. Tidak hanya itu pajak juga bermanfaat untuk subsidi atas pangan dan bahan bakar minyak, kelestarian lingkungan hidup serta budaya, dana pemilu dan juga sebagai dana untuk megembangkan alat transportasi umum. Maka dari itu, dengan rutin membayar pajak dapat membuat masyarakat merasa bahagia, karena semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Nah, sudah tahu bukan, keuntungan membayar pajak? Oleh karena itu, yuk mulai saat ini menjadi masyarakat yang cerdas dengan rutin membayar pajak.


Sumber: