Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +
Tag: 
puasa
ramadhan
tips puasa

Mengatasi sembelit saat puasa

10 June 2016, 16:37

Infoproperti.com - Saat puasa pola makan tentu akan sedikit berubah, karena hal ini lah tidak jarang menimbulkan sembelit. Karena makanan yang dikonsumsi ketika berbuka dan sahur sangat jarang diperhatikan, tidak jarang banyak sekali masyarakat yang mengalami masalah sembelit. Namun, benarkah puasa menyebabkan sembelit?

Sebenarnya banyak sekali hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit ketika puasa. Kurang serat, olahraga, konsumsi obat dan juga stress bisa saja mengakibatkan sembelit. Agar terhindar dari sembelit selama puasa, berikut ini tips untuk Anda.

Perbanyak air putih

Saat puasa Anda tidak dapat minum semau Anda seperti hari-hari biasanya. Maka dari itu untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda, pastikan untuk memperbanyak minum air putih saat berbuka puasa, menjelang tidur dan juga sayur. Akan lebih baik apabila selama puasa ini Anda mengurangi mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Dalam minuman berkafein ini terdapat sebuah zat yang dapat merangsak saraf otak untuk terus bekerja.

Jangan menahan BAB

Kebiasaan yang sering dilakukan masyarakat Indonesia, ialah sering sekali menahan buang air besar karena berbagai alasan lainnya. Apabila Anda tidak ingin mengalami sembelit, mulai sekarang cobalah untuk membuang kebiasaan buruk tersebut. Perlu Anda tau, justru kebiasaan itulah yang menyebabkan Anda sembelit.

Kecukupan serat

Pada saat puasa, pastikan kebutuhan serat Anda terpenuhi. Pada saat menyajikan makanan untuk berbuka puasa dan sahur, pastika serat yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi. Serat sangat berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh. Apabila selama puasa kekurangan serat, sangat wajar apabila Anda mengalami sembelit. Pastikan pilih menu makanan yang bergizi. Perbanyakalah makan buah dan juga sayur-sayuran. Serat dapat ditemukan di makanan gandum, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga buah apel.