Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Suka Bercocok Tanam? Yuk, Kenalan dengan Aquaponik!

24 May 2016, 16:15
Contoh tanaman dengan sistem aquaponik. Sama dengan hidroponik, sistem aquaponik tidak menggunakan media tanah. (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Bagi kamu yang suka bercocok tanam, mungkin kamu bisa berkenalan dengan sistem cocok tanam baru bernama aquaponik. Budidaya tanaman dengan sistem ini, kurang lebih sama dengan sistem hidroponik, yaitu membudiyakan tanaman tidak dalam media tanah, melainkan air.

Perbedaan antara aquaponik dan hidroponik terletak pada sumber nutrisi yang diberikan pada tanaman. Pada sistem aquaponik, sumber nutrisinya dari bahan organik. Hal ini karena pada sistem aquaponik, media tanamnya terintegrasi dengan kolam yang diisi ikan peliharaan.

Baca juga: Semarakkan Rumahmu dengan Tanaman

Air yang mengandung kotoran ikan memiliki kandungan amonia oleh mikroba. Kandungan ini akan diubah menjadi nitrat sebagai sumber nutrisi yang dialirkan masuk ke dalam sistem perakaran tanaman.

Air yang keluar dari sistem perakaran dan kaya akan oksigen tersebut kemudian diputarkan kembali masuk ke dalam kolam sebagai asupan oksigen dan udara bersih untuk ikan. Kedua unsur itu dibutuhkan oleh plankton yang juga menjadi sumber makanan ikan sehingga pertumbuhan ikan di dalam kolam pun menjadi lebih cepat.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman yang “Haram” di Halaman Rumah

Sistem budidaya tanaman aquaponik ini cocok diterapkan jika kamu ingin menerapkan vertical garden pada dinding rumahmu. Vertical garden aquaponik juga dapat kamu jadikan sebagai pembatas yang unik antara ruang satu dan ruang lainnya. Tentunya rumahmu akan jadi lebih asri dan sejuk.

Sebaiknya, ukuran tanaman pun disesuaikan dengan seberapa luas media tanam yang kamu gunakan. Selain vertical garden, kamu juga bisa menanam sayuran di rumahmu dengan aquaponik. Hanya saja jenis sayurannya harus disesuaikan. Kangkung, pakcoy, dan selada bisa menjadi pilihanmu. (Ing)



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com