Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Robot Akan Gantikan Peran Agen Properti

11 May 2016, 12:00
Bisnis.com, JAKARTA—Masa depan agen properti diprediksi akan semakin canggih dengan keterlibatan program robotik untuk membantu calon pelanggan.

Portal properti global Lamudi memprediksi di masa depan saat mengakses sebuah portal properti, pengunjung akan dibantu oleh sebuah program yang diberi nama chatbot Ini merupakan sebuah program komputer yang dirancang dapat berkomunikasi dengan manusia baik audio atau teks. Bagi para pemilik portal, program ini akan banyak mendatangkan keuntungan. Beberapa keunggulan antara lain dapat memberikan layanan pribadi dengan biaya yang jauh lebih murah, penghapusan perlindungan kerja yang biasa ditawarkan kepada manusia.

“Program ini juga dapat digunakan selama 24 jam,” ujar Novriyadi, Head of Content Lamudi, dalam siaran pers, Selasa (10/5).

Novriyadi menjelaskan chatbot juga akan membantu meningkatkan layanan customer service dengan memberikan manusia waktu untuk berpikir kreatif, sedangkan bot memberikan data. Di masa yang akan datang ketika pelanggan mencari sebuah rumah, maka chatbot akan dapat dengan cepat mencari data yang dibutuhkan. Kendati demikian hal tersebut akan terlihat seperti manusia yang berbicara kepada Anda.  

Kendati terkesan sempurna, ternyata sistem robotik pada portal properti ini juga memiliki banyak kelemahan. Contohnya seperti tidak bisa menenangkan pelanggan yang marah, merasakan kekhawatiran pelanggan, atau menampilkan empati. Hal ini disebabkan karena sistem ini tidak memiliki kecerdasan emosional, seperti manusia. Pada dasarnya, bot akan membuat tugas-tugas dasar mudah. Mereka akan tahu batas-batas kemampuan mereka, dan mereka akan mengundurkan diri dengan meninggalkan pesan kepada Anda dan staf yang lain.

 



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com