Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Perhatikan ini sebelum membeli rumah di pameran

12 February 2016, 17:15

events

Infoproperti.com – Sekarang membeli rumah semakin mudah saja, terlebih saat ini sudah tersedia banyak portal properti. Bukan melalui portal properti saja, anda juga bisa menemukan rumah idaman anda di pameran. Saat pameran inilah waktu Anda untuk membeli properti idaman. Biasanya pada saat pameran, pengembang menawarkan banyak diskon dan hadiah. Akan tetapi sebelum berniat membeli rumah di pameran, akan lebih baik untuk memperhatikan tips dibawah ini.

Spesifikasi rumah

Di saat pameran biasanya akan banyak sekali pengembang yang menawarkan iming-iming yang menjanjikan. Namun pastikan untuk tidak langsung tergiur dengan promosi yang diberikan, pastikan lebih teliti dalam melihat spesifikasi rumah, jangan lupa juga untuk menanyakan segala hal mengenai properti yang ingin anda beli. Seperti lokasi, luas tanah, luas bangunan atau pun fasilitasnya.

Cermati perjanjian jual beli rumah

Ketika anda sudah tertarik dengan salah satu hunian, akan lebih baik untuk tidak buru-buru menandatagani surat pesanan. Mintalah pengembang untuk mencantumkan janji-janji atas rumah yang dipasarkan tersebut secara tertulis. Pasalnya di dalam surat pesanan tersebut terdapat ketentuan dimana apabila konsumen tidak menandatangani PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) sesuai jadwal maka uang pesanan atau DP akan hangus.

Nah, agar lebih memudahkan anda, berikut ini daftar isi PPJB :

  • Harga jual dan biaya-biaya lain ditanggung konsumen
  • Tanggal serah terima fisik yang tidak boleh lebih dari satu tahun sejak pembayaran
  • Denda keterlambatan bila pengembang telat serah terima
  • Spesifikasi bangunan dan lokasi
  • Hak konsumen membatalkan perjanjian bila pengembang lalai
  • Kepastian penandatanganan akta jual beli beserta dendanya, serta
  • Masa pemeliharaan 100 hari sejak serah terima.

Perhatikan reputasi pengembang

Biasanya saat pameran pengembang atau pengelola properti yang ikut serta sangat banyak. Disana anda akan bertemu dengan pengembang besar hingga kecil. Nah, saat ingin membeli rumah di pameran, akan lebih baik anda membeli di pengembang besar yang sudah pasti memiliki reputasi baik. Membeli rumah atau properti di pengembang yang namanya sudah terkenal biasanya akan lebih aman dan terjamin, meskipun rumahnya belum dibangun sekalipun.

 

 


Sumber: