Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Mahkamah Konstitusi Kabulkan Sebagian Gugatan UU Rusun

11 May 2016, 09:00
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian permohonan dari uji materi Undang Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun.

"Mengadili, menyatakan, mengabulkan permohonan para pemohon untuk sebagian," ujar Ketua Majelis Hakim Konstitusi Arief Hidayat di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa (10/5).

Mahkamah berpendapat bahwa permohonan para pemohon sepanjang menyangkut Pasal 75 ayat (1) UU Rumah Susun beralasan menurut hukum untuk sebagian.

"Sedangkan permohonan para pemohon sepanjang menyangkut Pasal 107 UU Rumah Susun tidak beralasan menurut hukum," ujar Hakim Konstitusi I Dewa Gede Palguna ketika membacakan pertimbangan Mahkamah.

Adapun permohonan uji materi UU Rumah Susun ini diajukan oleh tujuh orang pemilik satuan rumah susun atas nama Kahar Winardi, Wandy Gunawan Abdilah, Chuzairin Pasaribu, Lanny Tjahjadi, Henry Kurniawan Muktiwijaya, Pan Esther, dan Liana Atmawibrata.

Pemohon merasa dirugikan hak konstitusionalnya dengan norma-norma dalam UU Rusun yang mengatur tentang pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS).

Pemohon menilai Pasal 75 ayat (1) UU Rumah Susun tidak dapat memberikan jaminan kepastian hukum dan melemahkan pemilik satuan rumah susun, karena ketentuan ini dinilai memungkinkan terjadinya monopoli pembentukan P3SRS karena pembentukan ini hanya dapat dilakukan oleh pelaku pembangunan.

Selain itu, pemohon juga mempertanyakan Pasal 107 UU Rumah Susun yang mengatur pemberian sanksi administratif kepada pemilik rumah susun, akibat tidak dilaksanakannya kewajiban membentuk P3SRS.

Pemohon kemudian merasa bahwa tidak terdapat keselarasan antara kedua ketentuan tersebut, sebab yang seharusnya dikenakan sanksi administratif adalah pelaku pembangunan.

/FER

ANTARA



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com