Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +
Tag: 

Jakarta Punya Pasokan Perkantoran Hingga 79%

18 February 2016, 09:40


Pasar perkantoran di Indonesia terkonsentrasi di Jakarta. Hal ini tampak pada pasokan perkantoran di Jakarta yang mencapai angka 79 % dari total pasokan ruang perkantoran komersial di Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Coldwell Banker Commercial Strategic Advisory, Tommy H Bastamy, dalam acara Media Conference di La Meridien, Jakarta, pada Rabu (17/2).

Selain Jakarta, ada beberapa kota lain di Indonesia dengan pasokan ruang perkantoran cukup besar, yakni Surabaya, Bandung, Medan dan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Pada akhir triwulan IV 2015, total pasokan perkantoran komersial di kota-kota besar Indonesia mencapai 5,83 juta meter persegi atau naik sekitar 0,6% dari pasokan perkantoran pada triwulan sebelumnya.

Pasokan baru tersebut di antaranya adalah Bank Muamalat Tower, Graha Sentraya, dan South Quarter di Jakarta, serta Gedung Infomedia di Bandung. Diramalkan, tambahan pasokan mendatang di tahun ini akan tetap dikontribusi oleh proyek-proyek yang dikembangkan di Jakarta.

Menurutnya, pasar perkantoran di kota-kota luar Jakarta pun masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar di Jakarta yang membuka cabang di luar kota. Sedangkan untuk perusahaan lokal dengan skala usaha lebih kecil, lebih memiliih rumah dan ruko sebagai tempat oprasionalnya.

Hal tersebut itulah yang membuat terbatasnya tambahan pasokan ruang perkantoran di kota lain selain Jakarta.


Sumber: