Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Hmm, Mau Tahu Arsitek yang Piawai Mendesain Stasiun dan Jaringan Kereta?

12 January 2017, 13:00

Santiago Calatrava (Rumah123/Dezeen)Arsitek asal Spanyol, Santiago Calatrava terpilih untuk mendesain bangunan baru milik perusahaan raksasa asuransi asal Swiss, AXA.Bangunan ini terletak di kota Zurich, ...

Santiago Calatrava (Rumah123/Dezeen)

Arsitek asal Spanyol, Santiago Calatrava terpilih untuk mendesain bangunan baru milik perusahaan raksasa asuransi asal Swiss, AXA.

Bangunan ini terletak di kota Zurich, Swiss. Tinggi gedung ini hanya lima lantai, namun bakal memiliki tempat parkir untuk sepeda dengan kapasitas 1.000 sepeda!

Baca juga: Siapa Mengira Kalau Bangunan Ini Tempat Praktik Dokter Hewan? Yuk, Kita Tengok!

Gedung AXA ini juga bakal terkoneksi dengan Stasiun Stadelhofen dan akan menjadi tempat transit yang ideal.

Stasiun Stadelhofen ini sempat didesain ulang dan direnovasi pada 1990 dan menjadi stasiun pertama untuk angkutan transportasi massal.

Baca juga: Keren Banget, Guangzhou Twin Tower Akhirnya Lengkap!

Adanya tempat transit diharapkan bisa menambahkan jumlah penumpang kereta listrik. Apalagi ada 800 ribu pemakai kereta listrik yang melalui Stadelhofen. Stadelhofen adalah stasiun kereta tersibuk nomor tujuh di Swiss.

Selain itu, keberadaan Gedung AXA ini bisa mengatasi banyaknya para pengguna kereta dan juga pemakai sepeda yang berada di depan stasiun.

Baca juga: Hamburg Innovation Port Sediakan Ruang Publik yang Luas, Mantap Nih!

Calatrava memiliki nama lengkap Santiago Calatrava Valls. Dia lahir di Valencia, Spanyol pada 28 Juli 1951. Dia menyelesaikan pendidikan arsitektur di Spanyol. Lantas dia mengambil program master dn doktor bidang teknik sipil di Swiss.

Dia mendirikan biro arsiteknya pada 1981. Saat ini, biro arsiteknya memiliki kantor di New York (Amerika Serikat), Doha (Qatar), dan Zurich (Swiss).

Baca juga: Wuih Keren, Klub Bola Ini Selalu Punya Stadion Yang Ramah Lingkungan

Pada awal kariernya, Calatrava lebih banyak membangun stasiun kereta api dan jembatan. Lantas dia juga mulai mendesain bangunan lain seperti perkantoran, museum, mixed use, dan lainnya.

Arsitek asal Spanyol ini terpilih untuk mendesain gedung AXA ini karena komitmen terhadap inovasi, desain fungsional, dan konsisten untuk memastikan keberadaan arsitektur stasiun serta keselarasan dengan struktur kota.

Baca juga: Wow, Proyek Renovasi Bandara London Ciptakan Lapangan Kerja Baru di Inggris

Sebelum proyek ini, Calatrava sudah mendesain beberapa jaringan kereta api dan stasiun di beberapa negara Eropa.

Ada delapan stasiun dan jaringannya yang pernah didesain, di antaranya di Lucern dan Zurich (Swiss), Valencia (Spanyol), Lyon (Prancis), Liege (Belgia), serta Reggio Emilia (Italia).

 rumah123.com

Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com