Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Cari Perumahan Islami, Syariah Lagi Murah? Simak Daftarnya...

08 June 2016, 02:00
JAKARTA, KOMPAS.com - Penduduk Indonesia yang didominasi Muslim menjadi ladang besar bagi pengembang untuk membangun perumahan syariah atau Islami.

Konsep pengembangan perumahan Islami didasarkan pada berbagai faktor, antara lain pembayaran tanpa riba dan fasilitas ibadah dari perumahan tersebut.

Beberapa perumahan yang diklaim islami dan syar'i ini, dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu di bawah Rp 400 juta.

1. Afara F1rst

perumahan yang terletak di Jalan Haji Aspriya, Karadenan, Cibinong, ini terdiri dari dua pilihan tipe.

Tipe dengan luas bangunan 38 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi dibanderol Rp 325 juta.

Sementara untuk tipe rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi, harganya Rp 370 juta.

perumahan ini diklaim khususuntuk Muslim karena menggunakan transaksi non riba.

Cicilan langsung dibayar ke pengembang, tanpa perlu ke bank, tanpa BI Checking, tanpa asuransi, tanpa bunga, tanpa sita, tanpa denda, dan mengutamakan musyawarah.

Pilihan uang mukanya dimulai dari 10 persen, 15 persen 20 persen dan 30 persen.

Menurut sales marketing perumahan Afara F1rst, Chairul Huda, timnya mengutamakan komunikasi langsung.

"Bagi pembeli, diwajibkan survei lokasi untuk membuktikan transaksi kami bebas riba. Tim kami juga megutamakan komunikasi langsung sehingga dapat menyambung silaturahmi dan menjalin kepercayaan," kata Chairul kepada Kompas.com, Senin (6/6/2016).

2. Salma Park Residence

perumahan ini terletak di Jalan Talang Betutu Palembang, Sumatera Selatan. Diklaim sebagai perumahan syariah pertama di Palembang, sistem pembayarannya mengutamakan transaksi syar'i.

Transaksi ini tanpa riba, tanpa bank, tanpa bunga, tanpa denda, dan tanpa sita.

Selain dari sisi transaksi, perumahan ini juga dilengkapi fasilitas seperti masjid, kolam renang Islami, dan pendidikan Islami TKA/TPA.

Terdapat beberapa pilihan tipe rumah dengan harga mulai dari Rp 365 juta. Tipe ini memiliki luas bangunan 38 meter persegi dan luas tanah 91 meter persegi.

3. Rani Residence

perumahan ini berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan. Konsep pengembangan secara syariah ditunjukkan dari transaksi dengan sistem anti riba atau tanpa bank.

Tipe yang paling kecil dimulai dari luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi. Harganya dibanderol Rp 335 juta.

Selain tanpa bank, pembayaran rumah juga dilakukan tanpa bunga, tanpa denda, tanpa sita, dan tanpa BI checking.

4. Cilap Cilebut

perumahan yang letaknya di dekat Stasiun Cilebut ini juga mengusung konsep syariah. Seperti yang lain, Cilap Cilebut tidak melibatkan bank untuk transaksi jual-beli rumah.

Salah satu tipe yang dipasarkan adalah rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 72 meter persegi. Rumah ini dibanderol dengan harga Rp 350 juta.



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com