Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

BANKIR: Besaran DP Rumah 20% Itu Ideal

25 May 2016, 15:00
Bisnis.com, JAKARTA--Bank-bank menilai besaran uang muka atau down payment perumahan sebesar 20% sudah ideal.

Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Tbk. Benny Purnomo menilai apabila besaran uang muka perumahan diturunkan di bawah 20% tidak baik bagi bank.

"Karena kalau di bawah 20% risiko yang ditanggung bank lebih besar," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (23/5/2016).

Hal senada juga disampaikan oleh Senior Vice President Consumer Credit Division PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Joice Farida mengatakan DP perumahan lebih baik di kisaran 20%.

Namun, untuk mendorong pertumbuhan kredit pemilikan perumahan (KPR) sebaiknya peraturan penyaluran kredit properti untuk rumah inden direlaksasi.

"Untuk meningkatkan pertumbuhan KPR, bukan hanya masalah DP, tapi juga ada faktor untuk bisa membeli rumah dengan harga perdana, yaitu saat rumah masih inden. Bukan hanya untuk rumah pertama, tetapi juga untuk rumah ke-2 dan ke-3," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 17/10/PBI/2015 pasal 15 diatur bank hanya dapat memberikan pembiayaan inden untuk rumah pertama, sedangkan untuk rumah kedua dan seterusnya dilarang.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyatakan bank sentral bakal melakukan penyesuaian kebijakan makroprudensial, salah satunya terkait aturan loan to value (LTV) melihat pertumbuhan kredit perbankan yang belum seperti harapan.

Dalam penyesuaian aturan tersebut, BI tetap mengarahkan bank-bank untuk menyalurkan kredit dengan prinsip kehati-hatian. "Misalnya, hanya bank dengan rasio kredit bermasalah yang di bawah 5%, yang diberi kesempatan menyesuaikan LTV," ujar Agus.



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com