Log in / Sign up

Email:*
Password:* Lupa kata kunci?

Pendatang baru di situs ini? Situs kami akan membantu bisnis anda! Buat akun anda untuk mengunakan fitur penuh situs ini.

Register sebagai:

  • Log in / Sign up
  • Tambahkan listing +

Aplikasi Pengajuan Bantuan Perumahan: SIBARU, Cara Mudah Bantuan Bangun Rumah

10 June 2016, 11:15
Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan meluncurkan aplikasi untuk memudahkan pengajuan usulan bantuan perumahan yang disebut Sistem Informasi Usulan Bantuan Program Perumahan.

Sistem Informasi Usulan Bantuan Program Perumahan atau SIBARU merupakan aplikasi untuk mempersingkat jalur birokrasi dalam proses pengusulan bantuan perumahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Subdit Data dan Informasi Nanang Sofwan mengatakan selama ini proses pengajuan usulan bantuan perumahan seringkali membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang besar. Maka dalam rangka mendukung efisiensi dan efektifitas waktu, tenaga dan biaya, aplikasi ini dihadirkan.

Aplikasi SIBARU telah dibangun pada 2015 untuk mendukung kegiatan Direktorat, SKPD Provinsi dan SKPD Kabupaten/Kota serta telah di uji cobakan di tiga wilayah yaitu Yogyakarta, Sumatra Selatan, dan Jawa Barat.

“SIBARU akan digunakan untuk pengajuan usulan program perumahan dan permukiman, yaitu pembangunan Rusunawa, rumah khusus, dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dan bantuan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) rumah umum,” katanya dalam siaran pers, Kamis (9/6/2016).

Pengguna dari aplikasi ini adalah pengusul bantuan perumahan dan permukiman, yaitu Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, TNI/POLRI, Kementerian/Lembaga lain dan penerima usulan bantuan yaitu Direktorat Perencanaan dan Direktorat Teknis di Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan.

Untuk dapat menggunakan aplikasi SIBARU, pengguna dapat membuka melalui website Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan yaitu perumahan.pu.go.id/apps/sibaru2016.

"Mulai 2016 ini aplikasi SIBARU ini pelan-pelan akan disosialisasikan secara bertahap kepada para pengguna" kata Nanang.

Nanang menambahkan pemerintah berharap Sibaru dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk memadukan usulan dari berbagai daerah sehingga mudah diklasifikasi berdasarkan skala prioritasnya.



Sumber: Berita Properti - Investasi & Daftar Apartemen Baru | Propertidata.com